Serba-serbi tentang Tanaman Qust Al Hindi yang Penting Untuk Diketahui

Serba-serbi tentang Tanaman Qust Al Hindi yang Penting Untuk Diketahui

Salah 1 tanaman herbal yang sudah diakui khasiatnya adalah qust hindi atau biasa juga disebut qust al hindi. Tanaman ini telah diteliti manjur untuk mengobati berbagai penyakit khususnya pada penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan. Bahkan wabah covid-19 yang sedang meluluhlantahkan hampir semua negara saat ini mampu disembuhkan dengan tanaman tersebut. Salah satunya adalah penurunan jumlah kasus covid-19 yang terjadi di Mekkah dan Madinah setelah mengonsumsi tanaman yang disebutkan dalam salah 1 Hadist Riwayat Al Bukhori ini. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini, tidak ada salah kita juga mengetahui secara lebih detail mengenai tanaman yang hanya tumbuh di Arab dan India itu untuk menambah wawasan dan juga semakin mensyukuri atas ciptaan Yang Maha Kuasa untuk menolong umat manusia.

Secara umum tanaman qust hindi ini lebih dikenal dengan nama Kuth di daerah asalnya. Tanaman yang memiliki latin Saussurea costus tersebut termasuk dalam keluarga Asteraceae atau keluarga serai-seraian. Jadi Anda jangan sampai salah sebut karena di Indonesia sendiri ada tanaman dengan nama Costus speciosus atau disebut tanaman pacing yang masuk dalam keluarga Zingerberaceae (keluarga temu-temuan). Perbedaan dari kedua tanaman ini bisa kalian lihat pada perbandingan berikut.

Tanaman ini secara umum memiliki banyak nama seperti :

  1. Kushta (nama dari kitab yayurveda)
  2. Mokkou (bahasa jepang)
  3. Mu Xiang (pengobatan tradisional china)
  4. Lotus salju
  5. Saussurea lappa
  6. Aucklandia costus
  7. Aucklandia lappa
  8. Aplotaxis lappa,
  9. Theodorea costus

Nama pada nomer 5 hingga ke-9 merupakan nama yang dirilis dalam The Plant List, katalog yang berisi detail berbagai jenis spesies tumbuhan yang dibuat oleh Royal Botanical Garden Kew and Missouri

Karakteristik dari tanaman ini memiliki ketinggian batang antara 1,5-2,5 meter dengan akar yang mampu tumbuh 60 cm. Akar inilah yang sering diambil untuk dijadikan obat. Anda dapat menjumpai tanaman ini di ketinggian 3300-4400 meter di atas permukaan air laut. Bulan Juli sampai Agustus merupakan saat qust hindi mulai berbunga. Sedangkan proses pematangan bijinya sehingga siap digugurkan untuk menumbuhkan tanaman baru adalah sekitar bulan Agustus hingga September. Tanaman ini termasuk berumah satu di mana benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betinanya ada dalam satu bagian tanaman sehingga juga disebut sebagai tanaman hermaphrodite (berkelamin ganda). Selain itu daya tahan dari tanaman ini juga cukup baik di mana ia dapat tumbuh dalam segala jenis tanah mulai dari yang berpasir sampai tanah liat, dari tanah yang bersifat asam hingga yang bersifat basa, dan juga dapat tumbuh di tempat yang banyak berkontak dengan sinar matahari maupun di tempat yang minim sinar matahari.

Sedikit peringatan untuk anda ingat, meskipun tanaman qust al hindi ini memiliki banyak manfaat tapi juga tetap harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat sesuai kebutuhan karena dapat menimbulkan efek samping seperti mual dan pusing bila dikonsumsi berlebihan. Selain itu juga dapat menyebabkan alergi sehingga alangkah baiknya sebelum menggunakan obat herbal ini berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Qust hindi  juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan senyawa dalam tanaman ini yang berfungsi sebagai obat, dikhawatirkan justru malah dapat meracuni janin yang tentu saja belum bisa menerima senyawa seperti itu ke dalam tubuhnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *