Apa itu Qust Al Hindi

Qust Al Hindi, Tanaman Herbal yang Dianjurkan Nabi dalam Hadis

Belakangan, qust al hindi atau batang kayu India sedang ramai diperbincangkan. Tanaman herbal tersebut, seperti yang ditunjukkan Ustaz Adi Hidayat, dipercaya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan pasien yang terpapar Covid-19. Cara mengolah hingga konsumsi yang mudah pun membuat banyak orang penasaran. Sebesar apa sebenarnya khasiat batang kayu India untuk kesehatan?

Qust al hindi dalam hadits Nabi

Keberadaan batang kayu India sebenarnya sudah lama disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad Saw. Diriwayatkan oleh Ummu Qais binti Mihshan, Rasulullah pernah menganjurkan pengobatan dengan tanaman herbal tersebut. perlu diketahui bahwa Ummu Qais merupakan sahabat perempuan dan salah satu orang yang ikut hijrah untuk kali pertama.

Penyebutan batang kayu Hindia atau qust hindi tersebut dikisahkan saat Rasulullah Saw menemani anaknya untuk berobat. Alih-alih memasukkan jari-jari ke kerongkongan, beliau bersabda untuk menggunakan kayu india, sebab tanaman tersebut mengandung tujuh metode penyembuhan, salah satunya untuk menangani penyakit radang selaput dada atau paru-paru.

 

حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ الْفَضْلِ أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ قَالَ سَمِعْتُ الزُّهْرِيَّ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ قَالَتْ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ عَلَيْكُمْ بِهَذَا الْعُودِ الْهِنْدِيِّ فَإِنَّ فِيهِ سَبْعَةَ أَشْفِيَةٍ يُسْتَعَطُ بِهِ مِنْ الْعُذْرَةِ وَيُلَدُّ بِهِ مِنْ ذَاتِ الْجَنْبِ وَدَخَلْتُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِابْنٍ لِي لَمْ يَأْكُلْ الطَّعَامَ فَبَالَ عَلَيْهِ فَدَعَا بِمَاءٍ فَرَشَّ عَلَيْهِ

“Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Al-Fadl telah mengabarkan kepada kami Ibnu ‘Uyainah dia berkata: saya mendengar Az Zuhri dari ‘Ubaidullah dari Ummu Qais binti Mihshan berkata: saya mendengar Nabi ﷺ bersabda:

“Gunakanlah dahan KAYU INDIA, karena di dalamnya terdapat 7 macam penyembuh dan dapat menghilangkan penyakit (racun) di antaranya adalah RADANG PENYAKIT PARU.”

Ibnu Sam’an dalam haditsnya: “Karena sesungguhnya padanya terdapat obat dari tujuh macam jenis penyakit, di antaranya adalah RADANG PENYAKIT PARU (DADA).”

Lalu aku menemui Nabi ﷺ sambil membawa bayiku yang belum makan makanan, lalu bayiku mengencingi beliau, maka beliau meminta air dan memercikinya.” (HR. Al-Bukhari No. 5260)

Kemudian, Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqlani menjelaskan sabda Nabi Muhammad Saw yang terkait dengan batang kayu india. Tujuh khasiat yang disebutkan dapat bermakna metode-metode yang bisa diterapkan dengan memanfaatkan tanaman herbal tersebut. Tujuh metode ini mencakup diminum, dioleskan, ditumbuk untuk dibutuhkan pada bagian tubuh yang sakit, diuapkan, diperas, dihirup, serta dimasukkan ke mulut.

Lalu, seperti apa qust al hindi yang sebaiknya dipakai dalam pengobatan tradisional? Abu Bakr Ibnu ‘Arabi mengatakan ada dua jenis batang kayu yang digunakan. Antara lain batang kayu yang berasal dari India dan memiliki warna hitam. Kayu kedua memiliki warna putih. Di antara keduanya, kayu india berwarna hitam dianggap lebih panas, bahkan mampu menyerang atau menyakiti jin.

Asal-usul penamaan qust al hindi

Dari segi etimologi, kata al-qust sama dengan al-‘ud yang berarti batang dan dapat digunakan untuk tanaman asal kayu india sebagai tanaman herbal. Seperti yang disebutkan. Ada dua jenis qust al hindi yang umum dipakai. Satu, al-qust al-bahri yang berarti batang putih (Costus arabicus). Batang ini dikenal akan warna putihnya dengan rasa cenderung manis.

Dua, al-qust al-hindi yang batang hitam (Costus woodsonii). Batang tersebut mempunyai hitam dengan rasa cenderung pahit. Tak hanya itu, akan ada sensasi panas yang dirasakan saat mengonsumsinya. Diambil dari pohon costus atau al-qust, tanaman tersebut bisa tumbuh mencapai 1,5 meter dan mempunyai daun serta tangkai lebat.

Habitat asli pohon costus berasal dari India. Walau dinamakan batang kayu india, al-qust yang digunakan sebagai obat-obatan tradisional sebenarnya diambil dari akar-akarnya yang berwarna hitam atau putih. Selain dimanfaatkan menjadi qust hindi, pohon costus juga sering dikaitkan dengan istilah al-hulwi (manis) atau al-murr (pahit) yang berhubungan dengan rasa.

Manfaat qust al hindi untuk kesehatan

Setelah diteliti dari segi kedokteran, ditemukan bahwa batang kayu india atau al-qust memiliki kandungan asam benzoat dan helenin. Keduanya termasuk senyawa yang bisa membersihkan bakteri yang membahayakan kesehatan.

Maka dari itu, batang kayu india sering kali diolah untuk menangani radang pada amandel, radang uvula, hingga radang saluran mulut dan kerongkongan. Pada kasus yang lebih serius, batang kayu india bermanfaat untuk menangani pembengkakan selaput dada atau paru-paru yang disebabkan bakteri. Bahkan dalam pengobatan tradisional, tanaman ini kerap dipadukan dengan pembekaman.

Selain itu, qust al hindi memiliki khasiat-khasiat berikut untuk kesehatan:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi batang kayu india dalam dosis yang tepat akan mengembalikan imun tubuh yang sempat melemah. Kandungan di dalamnya akan mengeliminasi bakteri, kuman, maupun pemicu infeksi. Tanaman herbal ini pun aman untuk Anda yang memiliki asma dan bronkitis;
  • Melancarkan sistem pencernaan. Apa belakangan Anda sering sulit buang air besar atau kurang nyaman saat makan? Atasi dengan meminum campuran minyak batang kayu india dan teh hangat untuk membuat fungsi sistem pencernaan kembali lancar. Minum secara berkala untuk mendapatkan hasil yang diharapkan;
  • Menjaga kesehatan kulit. Benefit selanjutnya yang akan didapatkan dari qust hindiadalah melambatkan proses penuaan dini pada kulit. Pasalnya, kandungan-kandungan dalam tanaman herbal tersebut dapat menghadapi serangan radikal bebas hingga meredakan peradangan pada kulit;
  • Menangani luka pada kulit. Jika Anda termasuk orang yang sensitif memakai obat-obat dari dokter, pertimbangkan batang kayu india sebagai bahan salep alami. Hal ini disebabkan tanaman herbal ini mampu melawan bakteri dan infeksi pada kulit yang terluka, sehingga cocok dimanfaatkan untuk menangani goresan, gigitan serangga, dan lain sebagainya;
  • Meredakan kolera. Meski jarang dijumpai di perkotaan, kolera perlu diwaspadai karena berisiko menimbulkan gangguan pada kesehatan. Untuk meredakan kolera, Anda dapat campurkan qust al hindidengan kapulaga dan air. Campuran tersebut diharapkan bisa melegakan kembali perut yang sempat kejang;
  • Menyamarkan bekas borok parah. Seperti pada luka, batang kayu india memberikan benefit maksimal pada bekas borok parah yang sulit dihilangkan. Baik batang yang sudah diekstrak atau dikeringkan sama-sama dapat dimanfaatkan sebagai bahan salep alami. Pakai secara rutin supaya bekas luka memudar alami;
  • Mempercepat proses penyembuhan pada luka. Manfaat terakhir yang bisa Anda rasakan dari batang kayu india adalah mempercepat proses penyembuhan pada luka. Caranya adalah melarutkan ekstrak tanaman herbal tersebut menjadi pasta untuk kemudian dioleskan pada luka agar tak terjadi infeksi.

Aturan pemakaian qust al hindi

Salah satu alasan yang membuat banyak orang tertarik menggunakan qust hindi adalah minim efek samping. Namun, Anda tetap harus memperhatikan aturan pemakaian, karena beberapa kandungan di dalam batang kayu india belum tentu cocok untuk sejumlah kondisi dan berisiko memicu reaksi, misalnya alergi kulit. Terutama untuk Anda yang sebelumnya menunjukkan reaksi setelah memakai atau mengonsumsi produk yang terbuat dari tanaman famili Compositae atau Asteraceae.

Sebelum mengonsumsi batang kayu india dalam bentuk apa pun, konsultasikan dulu kondisi kesehatan Anda dengan dokter atau ahli terkait, khususnya kalau Anda memiliki latar belakang atau sedang berada dalam kondisi berikut:

  • Hamil dan menyusui. Ibu yang sedang hamil dan menyusui harus berhati-hati saat menyantap makanan tertentu, termasuk tanaman herbal seperti qust al hindi. Apalagi sejauh ini belum ada studi kuat yang membahas hubungan tanaman ini dengan kondisi-kondisi tadi;
  • Sedang dalam masa pengobatan. Kandungan dalam batang kayu india dikhawatirkan akan mengubah kinerja obat-obatan yang diresepkan dokter. Pembelian al-qust tanpa anjuran dari dokter pun terbilang riskan;
  • Kondisi kesehatan tertentu. Beberapa penyakit kadang tak menunjukkan gejala sampai memasuki tahap kronis. Konsumsi batang kayu india tanpa pemeriksaan dicemaskan akan memperparah penyakit yang belum diketahui pasien.

Demikian informasi seputar batang kayu india atau qust hindi sebagai obat tradisional. Semoga wawasan Anda bertambah dan memudahkan dalam mengambil pengobatan yang tepat.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *